KOTA-Literasi digital dorong masyarakat cerdas gunakan internet. Dimasa modern saat ini, penggunaan internet sudah menjadi konsumsi masyarakat setiap waktu. Tanpa pandang usia (tua,muda bahkan anak-anak) sekalipun sudah menempatkan internet jadi sebuah kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-harinya. Ketua Komisi lll pada DPRD Kabupaten Sumedang, H.Mulya Suryadi, S.pd,M.kom menyebutkan, dampak dari sebuah tekhnologi memang sangat besar, hal itu bisa ke arah positif maupun negatif, tergantung niat orang yang menggunakannya.

“Dampak daripada internet itu sendiri memang sangat besar, hanya saja tidak melulu dampak yang positif, dampak negatifnya juga harus diperhitungkan,”kata dia. Oleh sebab itu, pihaknya sangat mendukung adanya pihak yang membuat program literasi digital yang di sosialisasikan kepada masyarakat luas terutama kaum milenial. “Dengan memahami digital, maka seseorang bisa menempatkan penggunaannya dengan bijak dan cerdas,”katanya Tak sedikit, penggunaan internet jadi sebuah pemicu terjadinya tindak kriminalitas.

Hal itu menjadi sebuah bukti adanya ketidak pahaman menggunakan internet. “Banyak yang harus berurusan dengan hukum, hanya karena sebuah persoalan yang disebabkan oleh pelanggaran penggunaan internet,”kata dia Dia menyimpulkan, literasi digital itu bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet. “Semakin kita cerdas gunakan digital, maka semakin kita terhindar dari paparan pengaruh negatifnya,”ucapnya (eri).

153 x dilihat
5 1 vote
Article Rating
 

Tags: ,