Dalam rangka menjaga serta memperindah kawasan wisata Kampung Literasi Lembur Calakan Buricak Burinong di Dusun Cisema Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, sebanyak sepuluh orang mahasiswa Pecinta Alam Dyaksa Jagat STMIK Sumedang berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial “Penanaman 1000 pohon” dengan didampingi oleh dua orang perwakilan kelembagaan STMIK Sumedang yang turut aktif dalam kegiatan penanaman.

Penanaman pohon tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Januari 2019 dari pukul 08.30 sampai dengan selesai. Kegiatan penanaman pohon ini sebenarnya bukan kali pertama, melainkan kegiatan lanjutan yang telah dilaksanakan satu minggu sebelumnya oleh beberapa komponen masyarakat lain. Sehingga kegiatan penanaman kali ini berfokus menghijaukan daerah disekitar jalan yang akan digunakan sebagai akses menuju tempat wisata yang akan segera dibangun. Sehingga diharapkan saat pembangunannya dimulai, kawasan tersebut sudah hijau dan asri. Namun selain lingkungan yang asri, penanaman pohon ini juga diharapkan bisa membantu meningkatkan produktivitas warga sekitar, karena pohon yang ditanamnnya adalah pohon kopi dan pohon albasia.

Kegiatan yang diinisasi oleh Yayasan Sumedang Motekar bersama Pemerintah Desa Pakualam dan berbagai komponen daerah lainnya ini, diharapkan bisa mewujudkan harapan untuk menjadikan Kampung Literasi Lembur Calakan Buricak Burinong sebagai destinasi wisata selfie kelas dunia andalan Kabupaten Sumedang yang berbasis budaya dan kreativitas.

175 x dilihat
 

Tags: , ,