STRATEGI

Dalam rangka merealisasikan visi, misi, dan tujuan Program Studi mempunyai beban dan tanggung jawab terhadap pencapaian tujuan dan sasaran yang telah digariskan dalam Rencana Operasional STMIK Sumedang 2012-2017. Sasaran yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: 

  1. Menyiapkan lulusan berkualitas dan profesional yang mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan di bidang Teknik Informatika sehingga mampu memahami, menjelaskan, menganalisa, merumuskan cara penyelesaian masalah dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pekerjaan dan praktek dalam kawasan keahlian teknik informatika (Basis Data-Jaringan Komputer) serta mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang Teknik Informatika maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.

No.    Indikator    Baseline    Target*
1    Rata-rata IPK    2,96    3,00
2    Prosentase lulus tepat waktu    75.16 %    90 %
3    Lama Skripsi    4.35 bulan    4 bulan
4    Rata-rata masa tunggu kerja    6 bulan    < 3 bulan
* pada tahun 2017

2. Meningkatkan kemampuan tenaga akademik, mahasiswa, dan lulusan Program Studi Teknik Informatika dalam menerapkan ilmu pengetahuan Teknik Informatika pada kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.

No.    Indikator    Baseline    Target*
1    Penelitian Dosen    15    25
2    Pelatihan/Seminar/Workshop    8    12
3    Pengabdian Kepada Masyarakat    12    16
4    Softskill    4    10
*pada Tahun 2017

3. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam mendapatkan jenjang pendidikan dan jabatan akademik lebih tinggi.

No.    Indikator    Baseline    Target*
1    Semua dosen mempunyai jenjang S2 dengan jabatan fungsional minimal Asisten Ahli    90 %    100 %
2    Jumlah dosen mendapatkan jenjang pendidikan S3    0 %    14,28 %
*Pada Tahun 2017


Tujuan Rencana Pengembangan Program Studi memiliki rencana kegiatan yang berkesinambungan dalam bentuk kegiatan rutin dan pengembangan Program Studi. Sasaran Rencana Pengembangan Jangka Pendek Program Studi adalah untuk menetapkan rencana kegiatan operasional, memantau, dan mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan kegiatan dalam rangka menunjang sasaran rencana strategis yang telah dilaksanakan.

Strategi Pencapaian yang ditempuh oleh Program Studi dalam menyiapkan lulusan berkualitas dan profesional yang mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan di bidang Teknik Informatika sehingga mampu memahami, menjelaskan, menganalisa, merumuskan cara penyelesaian masalah dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pekerjaan dan praktek dalam kawasan keahlian teknik informatika (database-jaringan komputer) serta mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang Teknik Informatika maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.
1.    Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penyediaan media pembelajaran dan peralatan pengajaran/praktikum (2015).
2.    Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan akademik dan kemahasiswaan (2015);
3.    Meningkatkan sumber beasiswa dan jumlah mahasiswa penerima beasiswa (2016);
4.    Meningkatkan ketepatan masa studi mahasiswa, IPK, kemampuan softskill, dan kerja praktek (2015);
5.    Meningkatkan kualitas, kuantitas, serta efektivitas dan efisiensi pengeloaan laboratorium (2014);
6.    Meningkatkan prestasi dalam kejuaraan ilmiah, olah raga, seni, serta kemampuan berbahasa Inggris, kewirausahaan dan kepemimpinan (2016);
7.    Meningkatkan peran dan kerjasama antara Ikatan alumni (TALI) dengan STMIK Sumedang, Tracer Study, serta sumbangsih pemikiran dan fasilitas pendidikan dari alumni (2015).

Strategi Pencapaian yang ditempuh oleh Program Studi dalam meningkatkan kemampuan tenaga akademik, mahasiswa, dan lulusan Program Studi Teknik Informatika dalam menerapkan ilmu pengetahuan Teknik Informatika pada kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
1.    Meningkatkan fungsi unit organisasi penelitian, pelatihan, dan pemanfaatan hasil penelitian, serta pengembangan sistem monitoring dan evaluasi proses penelitian (2015);
2.    Meningkatkan publikasi ilmiah dalam bentuk buku, jurnal nasional dan internasional (2016);
3.    Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, bakti sosial serta dukungan alih teknologi bagi masyarakat (2015);
4.    Memperluas kerjasama institusional, instansi pemerintah, masyarakat, dan industri yang bisa diimplementasikan dan diikuti dengan Surat Perjanjian Kerjasama (2016).

Strategi Pencapaian yang ditempuh oleh Program Studi dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam mendapatkan jenjang pendidikan lebih tinggi dan jabatan akademik.
1.    Mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (2015);
2.    Penguatan Sistem Informasi Manajemen Institusi (2015);
3.    Mengembangkan Sistem Karir Dosen, studi lanjut, kemampuan teknologi pembelajaran dan berbahasa Inggris, serta team teaching dan riset dosen (2016).

TAGS